Alat Ukur Volume Beaker

          Beaker atau gelas ukur adalah wadah penampung yang digunakan untuk media pemanasan cairan, untuk mengukur volume larutan yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.menampung zat kimia dan memanaskan cairan yang biasanya digunakan dalam laboratorium. Satuan pada beaker adalah milimeter (ml). Beaker secara umum berbentuk silinder dengan dasar yang bidang dan tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari 1ml sampai 500 ml (1/2 liter). Beaker dapat terbuat dari kaca (umumnya kaca borosilikat ataupun plastik). Beakar yang digunakan untuk menampung zat kimia yang korosif seperti asam / zat lain yang sangat reaktif, biasanya terbuat dari bahan-bahan yang reaktivitasnya rendah. Beaker dapat ditutup dengan kaca pengamat untuk mencegah kontaminasi dan penyusutan zat. Beaker ditemukan oleh Richard Conderbnerellos pada tahun 1453.

        Jika kita mau membaca skalanya, pertama lihat dulu berapa skala beaker yang dipakai. Di beaker, ada dua garis, yaitu, garis panjang dan garis pendek. Garis panjang itu adalah anka pasti. Sedangkan yang pendek, angkanya setengah dari angka pasti. Lalu lihatlah dimana garis yang sejajar dengan cairan di dalam beaker. Jika sejajarnya pada garis pendek, maka kita hanya membagi dua angka yang ada pada garis panjang di atas garis pendek tersebut.
         
          Tapi, jika kita ingin mengukur volume batu yang dimasukkan ke dalam air, caranya seperti ini :
- Lihat berapa volume air tersebut
- Masukkan batunya. Setelah dimasukkan, air akan menaik. Lalu, lihat sampai mana air itu meningkat.
- Lalu, kurangkanlah volume air dengan batu dengan volume air yang tanpa batunya. Itulah hasilnya.
        
          Contoh :
Volume air tanpa batu     : 20 ml
Volume air dengan batu : 40 ml
Volume batu : ......... ?
Maka,
Volume batu = Volume air dengan batu - Volume air tanpa batu
                       = 40 ml                               -               20 ml
                       = 20 ml

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Alat Ukur Volume Beaker"

  1. SMH e-learning_sismar says:
    October 14, 2012 at 12:32 AM

    Dari segi isi, tugasnya sudah komplit dan bisa dipahami. Dari segi tulisan sebaiknya font setiap paragraph sama agar lebih terlihat sistematis.

Post a Comment

Brown Rainbow Over Clouds